Pengertian Organ Gerak Hewan Berikut Fungsinya

fazriansyah.com - Dikutip dari buku tentang organ gerak hewan dan manusia kelas 5 tema 1, organ gerak pada hewan diantaranya berguna untuk bertahan hidup dan untuk berpindah dari titik satu ke titik yang lain. Organ gerak hewan dan manusia memiliki kesamaan bentuk serta fungsinya, termasuk hewan jenis vertebrata dan avertebrata. Tidak hanya manusia, organ gerak mempunyai peranan penting bagi hewan. Yuk simak ulasan dibawah ini mengenai organ gerak hewan dan fungsinya.

Organ Gerak Hewan

Agar lebih dapat memahami materi organ gerak, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan sistem gerak. Yups, sistem gerak merupakan kerjasama yang dilakukan antara organ-organ gerak dalam tubuh manusia maupun hewan sehingga dapat melakukan suatu gerakan. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel Organ Gerak Manusia dan Fungsinya. Organ gerak adalah suatu alat yang mempunyai kegunaan tertentu, organ gerak pada hewan sangatlah beragam dan dapat dikelompokan berdasarkan struktur tubuhnya. Berdasarkan strukturnya hewan terbagi menjadi dua kelompok yaitu hewan avertebrata dan hewan vertebrata. 

Jenis Organ Gerak Hewan

Hewan avertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang, nama lain dari avertebrata ialah invertebrata. Contoh hewan avertebrata seperti cumi-cumi, cacing, ubur-ubur, lintah dll. Ciri-ciri hewan avertebrata yaitu tidak memiliki tulang belakang, bersel banyak, dan memiliki susunan saraf yang lebih sederhana.

Hewan lainnya yaitu hewan vertebrata, hewan vertebrata adalah jenis hewan yang mempunyai tulang belakang. Contoh hewan vertebrata seperti ikan, katak, ular, burung, komodo, kelinci, kucing dll. Ciri-ciri hewan vertebrata yaitu adanya tulang belakang, bernafas dengan insang dan paru-paru dll. Yups, terdapat perbedaan organ gerak pada hewan vertebrata dan avertebrata.

Secara umum organ gerak pada hewan memiliki kesamaan dengan manusia yaitu mepunyai organ gerak aktif dan organ gerak pasif. Berbeda dengan hewan avertebrata, hewan yang satu ini tidak memiliki organ gerak pasif seperti tulang. Simak penjelasan dibawah ini!

Organ Gerak Hewan Avertebrata

Organ gerak pada hewan avertebrata, hewan avertebrata adalah hewan yang unik karena tidak memiliki tulang belakang. contoh hewan avertebrata seperti cacing, siput, ubur-ubur, cumi-cumi dan lain-lain. Berikut merupakan contoh nama-nama organ gerak hewan avertebrata dan fungsinya.

Contoh Nama Hewan Avertebrata

Nama Hewan Avertebrata Alat Gerak Fungsinya
Cacing Otot perut Bergerak dengan otot perut (Melata)
Belalang Kaki dan sayap Berpindah tempat dengan berjalanm, terbang ataupun melompat
Cumi-cumi Tentakel Bergerak dengan tentakel
Ubur-ubur Tentakel Berpindah Tempat dengan tentakel
Siput Otot perut Bergerak dengan otot perut (Melata)
Laba-laba Kaki Berjalan dan melompat dengan kaki
Udang Kaki Bergerak dengan kaki
Lintah Otot perut Bergerak dengan otot perut (Melata)
Kupu-kupu Kaki dan sayap Bergerak dengan kaki dan sayap

Organ Gerak Hewan Vertebrata

Hewan yang satu ini adalah hewan vertebrata. Hewan vertebrata merupakan hewan bertulang belakang, beberapa contoh hewan vertebrata seperti ular, katak, ikan, burung, beruang, kadal, dan masih banyak lagi. Berikut adalah nama-nama organ gerak hewan vertebrata dan fungsinya.

Contoh Nama Hewan Vertebrata

Nama Hewan Vertebrata Alat Gerak Fungsinya
Ikan Sirip dan ekor Berenang menggunakan sirip dan ekor
Katak Kaki Bergerak dengan berjalan dan melompat
Burung Kaki dan sayap Berjalan, serta terbang menggunakan sayap
Kucing Kaki Berjalan dan melompat menggunakan kaki
Kelinci Kaki Berjalan dan melompat dengan kaki
Kuda Kaki Berjalan dan berlari dengan kaki
Kambing Kaki Berjalan dan berlari dengan kaki
Tikus Kaki Berjalan dan melompat dengan kaki
Ular Otot perut Bergerak dengan perut (Melata)

Fungsi Organ Gerak Pada Hewan

Fungsi organ gerak pada hewan secara umum memang untuk bergerak dan untuk bertahan hidup. Dengan bergerak hewan bisa mencari kebutuhan hidupnya dan berkembang biak ataupun untuk melarikan diri dari serangan. Namun, organ gerak pada hewan memang sangat beragam dan unik mulai dari kaki hingga otot perut untuk bergerak tergantung dari jenis hewan tersebut.

Demikian ulasan mengenai Organ Gerak Hewan dan Fungsinya. Jika pada ulasan diatas terdapat nama hewan yang belum tercantumkan silahkan tulis dikolom komentar, sekian dan semoga bermanfaat.

Sumber: Buku Tematik Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas 5 Tema 1
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url