Pengertian Organ Gerak Manusia Berikut Fungsinya

fazriansyah.com - Organ gerak merupakan salah satu bagian penting bagi manusia. Manusia ialah makhluk yang selalu bergerak walaupun hanya sekedar iseng ataupun untuk memenuhi dalam kebutuhan hidup sehari-hari. Tanpa adanya organ gerak, manusia tidak akan dapat bergerak seperti melompat, memanjat, bermain, pergi sekolah, dan bekerja. 

Organ Gerak Manusia

Ciri dari makhluk hidup ialah bergerak, manusia merupakan makhluk hidup yang akan terus berkembang dan bergerak. Begitu banyak fungsi organ gerak bagi manusia dalam membantu melakukan banyak aktivitas. Lalu apa saja organ gerak pada manusia? Secara umum organ gerak terdiri atas dua macam dan organ gerak banyak sekali fungsinya. Yuk simak! Berikut merupakan macam-macam organ gerak manusia dan fungsinya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Organ Gerak?

Organ gerak berasal dari kata organ dan gerak. Organ adalah sesuatu alat yang memiliki tugas atau mempunyai fungsi tertentu yang ada didalam tubuh manusia dan hewan. Sedangkan gerak merupakan perpindahan dari suatu tempat ke tempat lainnya. Sehingga dapat disimpulkan organ gerak ialah sebuah alat yang dapat digunakan untuk berpindah tempat ataupun merubah posisi.

Jenis Organ Gerak Pada Manusia

Secara sederhana organ gerak manusia dibagi menjadi dua macam bagian yaitu organ gerak aktif dan organ gerak pasif. Lalu apa perbedaan organ gerak aktif dengan organ gerak pasif? Organ gerak aktif manusia ialah berupa otot sedangkan organ gerak pasif manusia ialah tulang, kedua organ gerak tersebut akan bekerjasama sehingga dapat melakukan pergerakan. Kerjasama antara otot dengan tulang ini membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak. Sekarang pahamkan apa yang dimaksud dengan sistem gerak? Yups, Sistem gerak merupakan kerjasama antara otot dan tulang.

Lalu mengapa tulang disebut dengan organ gerak pasif? Yups, tulang merupakan organ gerak manusia yang tidak dapat bergerak dengan sendirinya sehingga dinamakan organ gerak pasif. sedangkan untuk otot, otot memiliki senyawa kimia yang membuatnya dapat bergerak sedirinya sehingga dinamakan organ gerak aktif. Namun, keduanya saling membantu untuk dapat melakukan sebuah gerakan.

Fungsi Organ Gerak Manusia

Secara umum fungsi organ gerak pada manusia ialah untuk bergerak. Namun untuk melakukan sebuah gerakan, manusia memerlukan sebuah alat gerak berupa tulang dan otot. Kedua alat gerak tersebut memilik perbedaan dan fungsinya.

Fungsi utama otot ialah membantu proses dalam bergerak. Otot adalah alat gerak aktif karena mempunyai senyawa kimia sehingga dapat membantu tulang untuk bergerak. Otot merupakan suatu jaringan yang dapat berkontraksi dan berelaksasi, proses inilah yang mengakibatkan manusia dapat melakukan suatu gerakan. Otot terdiri atas dua macam yaitu otot sadar dan otot tak sadar. Otot sadar adalah otot yang dapat dikendalikan atau dapat digerakan secara sadar contohnya makan, minum, menggambar, menulis dll. sedangkan otot tak sadar ialah otot yang tidak dapat dikendalikan secara sadar seperti contohnya otot jantung, lambung, dan pencernaan.

Tak hanya itu salah satu alat gerak lainnya yaitu tulang. Tulang ialah alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya, namun begitu tulang tetap mempunyai peranan penting dalam membantu otot untuk melakukan suatu gerakan. Fungsi utama tulang ialah sebagai penyangga tubuh, melindungi organ bagian dalam seperti paru-paru, jantung dan bagian lainnya, dan fungsi lainnya sebagai tempat terbentuknya sel darah merah.

Rangkuman Sistem Gerak Pada Manusia

  1. Organ gerak adalah suatu alat yang memiliki fungsi tertentu yang ada didalam tubuh manusia dan hewan.
  2. Organ gerak manusia terdiri atas dua macam yaitu organ gerak aktif dan organ gerak pasif. Organ gerak aktif berupa otot sedangkan organ gerak pasif berupa tulang. Otot dianakaman organ gerak aktif karena memiliki senyawa kimia sehingga dapat bergerak dengan sendirinya. Sedangkan tulang disebut organ gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya.
  3. Fungsi organ gerak mansuia ialah untuk bergerak seperti berlari, bermain, memanjat, menulis dll.
  4. Kerjasama antara otot dengan tulang disebut dengan sistem gerak.
  5. Otot dibagi menjadi dua bagian; Otot sadar dan Otot tak sadar.
  6. Fungsi otot pada manusia adalah membantu tulang dalam melakukan gerakan.
  7. Fungsi tulang pada manusia diantaranya untuk bergerak, sebagai penyangga tubuh, pelindung organ bagian dalam, tempat terbentuknya sel darah merah.
Demikian ulasan mengenai Organ Gerak Manusia dan Fungsinya. Jika dirasa ada pertanyaan atau ada yang kurang dipahami terkait Organ Gerak Manusia silahkan tulis dikolom komentar, sekian dan semoga bermanfaat.

Sumber: Buku Tematik Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas 5 Tema 1
Next Post
No Comment
Add Comment
comment url