Psikologi Adalah Ilmu Mengenal Diri Sendiri

fazriansyah.com - Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai perilaku manusia, sedangkan perilaku merupakan sebuah reaksi seseorang terhadap stimulus atau rangsangan yang terjadi diluar dirinya sehingga menimbulkan respon, tanggapan tersebut bisa berupa ucapan, reaksi tubuh, hingga reaksi yang tidak bisa di amati seperti munculnya pikiran dan perasaan. 

Mempelajari psikologi sama hal-nya dengan kita belajar memahami diri sendiri karena objek kajian psikologi merupakan tingkah laku manusia, dengan mengenal dan memahami perilaku diri sendiri secara tidak di sadari sebetulnya kita sedang belajar Psikologi. Lalu dari manakah perilaku manusia datangnya? untuk mengetahui lebih dalam tentang apa itu Psikologi dan manusia mari simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Serta Fungsi Psikologi

Sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya telebih dahulu kita mengetahui arti dari kata Psikologi ini. Psikologi berasal dari bahasa Yunani dan berakar dari dua kata yaitu Psyche yang berarti jiwa sedangkan Logos artinya ialah ilmu atau ilmu pengetahuan, maka dapat di artikan bahwa Psikologi merupakan ilmu tentang jiwa.

Akan tetapi, banyak para ahli tidak setuju jika Psikologi di artikan sebagai ilmu tentang jiwa karena jiwa tidak bisa di amati. Jika Psikologi ingin dikatakan sebagai suatu ilmu tentu harus dapat terukur dan tampak, sedangkan jiwa adalah sesuatu yang tidak tampak/terlihat. Oleh karenanya, para ahli menyepakati bahwa Psikologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang perilaku.

Sebelum menjadi sebuah disiplin ilmu yang mandiri, psikologi menjadi akar-akar yang kuat dalam ilmu kedokteran dan filsafat yang hingga kini masih terasa pengaruhnya. Dalam ilmu kedokteran Psikologi mempunyai peranan sangat penting yaitu untuk menjelaskan apa yang terpikir dan terasa oleh organ biologis (jasmaniah). Dalam filsafat, Psikologi menpunyai peran untuk memecahkan persoalan-persoalan yang rumit yang berkaitan dengan akal, pengetahuan dan kehendak.

Tak hanya itu, Psikologi sebagai ilmu tentu mempunyai fungsi dan tugasnya yakni untuk mendeskripsikan, menerangkan, memprediksi, mengendalikan serta menggambarkan fenomena yang sedang dipersoalkan atau di biacarakan secara jelas dengan menggunakan hukum-hukum mengenai hubungan antara pertistiwa satu dengan lainnya atau kondisi satu dengan kondisi lain, berikut ini adalah penjelasan beberapa fungsi dari Psikologi.

Fungsi dari Psikologi:
  • Mengadakan deskripsi, yaitu menggambarkan secara jelas hal-hal yang dipersoalkan atau dibicarakan.
  • Menerangkan, yaitu menerangkan tugas keadaan atau kondisi yang mendasari terjadinya peristiwa tersebut.
  • Menyusun teori, yaitu bertugas mencari dan merumuskan hukum-hukum atau ketentuan-ketentuan  mengenai hubungan antara peristiwa satu dengan peristiwa yang lainnya atau kondisi satu dengan kondisi yang lainnya.
  • Prediksi, yaitu membuat ramalan atau prediksi mengenai hal-hal yang mungkin terjadi yang akan muncul.
  • Pengendalian, yaitu mengendalikan atau mengatur sebuah peristiwa.

Dasar Perilaku Manusia

Di pembahasan sebelumnya dijelaskan bahwa perilaku timbul karena adanya stimulan sehingga munculnya sebuah reaksi yang dapat diamati maupun tak terlihat, contohnya seperti kita sedang melihat seseorang makan buah mangga muda berwarna hijau (stimulus), maka reaksi (respons) yang di timbulkan biasanya kita mengeluarkan air liur karena terbayang akan rasa dari buah tersebut. Namun respon yang terjadi pada setiap orang tentunya berbeda tergantung dari pengalaman hidupnya.

Menurut para ahli dasar perilaku manusia dipengaruhi oleh beberapa hal seperti gen, pengalaman dan lingkungan. Para ahli genetika perilaku tertarik dan mempercayai akan pengaruh karakteristik Psikologis manusia seperti kemampuan mental, temperamen, emosional dan lainnya merupakan warisan yang diturunkan oleh orang tuanya.

Selain itu, pengalaman juga tentu mempengaruhi perilaku manusia seperti mengalami atau melihat hal yang menyedihkan, menakutkan, menyenangkan bahkan ada yang sampai mengalami hal yang traumatis. Mengapa hal itu bisa terjadi? manusia adalah makhluk yang berpikir, dari hasil berpikir itulah manusia mempunyai penilaian terhadap peristiwa yang pernah di alami nya. 

Contohnya seperti ketika seseorang masuk kesebuah ruangan kosong dan gelap, karena pengalaman sebelumnya sering melihat suatu yang menakutkan mengenai ruangan gelap entah itu dari media televisi ataupun mendengar dari pengalaman temannya hingga berkesan dalam ingatan, maka respon pertama kali muncul didalam pikiran ialah hal yang menakutkan. Namun sebaliknya jika sebelumnya tidak pernah mengalami atau mendapatkan informasi hal yang menyeramkan tentu saja respon yang terjadi akan berbeda. Tak hanya pengalaman, lingkungan pun dapat mempengaruhi terhadap perilaku manusia jika lingkungan baik-baik saja maka perilakunya pun akan baik-baik saja. 

Kesimpulannya dengan mempelajari teori Psikologi dan perilaku diri sendiri dapat menjadikanmu memahami kehidupan ini, karena dibalik diri terdapat sebuah ilmu yang mungkin tidak dapat orang ketahui. Apa yang Anda lihat hari ini, apa yang Anda dengar hari ini, apa yang Anda rasakan hari ini adalah gambaran diri dimasa yang akan datang.

Sekian ulasan mengenai Psikologi Adalah Ilmu Mengenal Diri Sendiri. Jika dirasa ada sesuatu yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar, sekian dan semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url